rss

Jumat, 03 Juli 2009

faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan (part 1)


seperti halnya pertumbuhan tanama, pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. faktor internal meliputi faktor genteik dan hormon. faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan hewan antara lain makanan, air, suhu, aktivitas tubuh, dan oksigen.

  •  faktor genetik
   gen merupakan faktor yang sangat menentukan pertumbuhan organisme karena gen adalah penentu pola dasar pertumbuhan. tinggi badan, warna kulit, warna bulu/rambut dan semua ciri tubuh ditentukan oleh gen-gen pada sel tubuh mahluk hidup. walaupun ekspresi gen dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi pengaruh faktor genetik pada umumnya lebih kuat
  • Hormon
pertumbuhan larva dalam proses metamorfosis dikontrol oleh hormon. beberapa faktor luar yang ikut memperngaruhi pertumbuhan serangga seperti perubahan suplai makanan atau perubahan cahaya dan suhu akan memacu otak untuk mengeluarkan hormon. keadaan itu menyebabkan dikeluarkannya hormon ekdison dengan konsentrasi rendah dari kelenjar toraks dan hormon juvenil dengan konsentrasi tinggi. hasil kerja hormon-hormon itu ialah pertumbuhan larva menjadi larva dewasa kemudian menjadi kepompong (pupa) dan akhirnya menjadi serangga dewasa.

hormon yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan hewan mamalia, termasuk manusia adalah hormon somatotropin (hormon pertumbuhan). hormon ini dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. kekurangan hormon somatotropin akan mengakibatkan kekerdilan, sedangkan kelebihan produksi hormon tersenut akan menyebabkan gigantisme, yaitu pertumbuhan raksasa.
  •  makanan
setiap mahluk hidup memerlukan makanan diperlukan untuk menghasilkan energi untuk bahan pembentuk tubuh, untuk menambah cairan tubuh. jenis makanan yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh tersebut ialah makanan bergizi.

makanan bergizi mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi bagi mahluk hidup untuk melakukan aktivitas hidup, termasuk proses pertumbuhan. protein merupakan bahan pembangunan tubuh yang utama. hewan pada masa pertumbuhan membutuhkan lebih banyak protein daripada hewan dewasa. lemak diperlukan sebagai cadangan sumber energi penyusun bagian-bagian sel tertentu, pelarut vitamin dan zat-zat lain, serta pelindung alat-alat tubuh. mineral dibutuhkan tubuh dalam bentuk unsur atau senyawa untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. vitamin berfungsi sebagai zat pengatur untuk pertahanan tubuh dan memacu produktivitas.

Baca Juga Yang Ini



1 komentar:

SMP 1 Cibadak on 1 Agustus 2009 pukul 15.33 mengatakan...

;))

:11 :13 :15 :17 :19 :21 :23 :27 :29 :31 :33 :35 :37 :39 :41 :43 :45 :47 :49 :51 :53 :55 :57 :59 :61 :66 :69

Posting Komentar

Peta Pengunjung

Buku Tamu

ShoutMix chat widget

 

About Me

Foto saya
SELAMAT DATANG DI SMPN 1 CIBADAK,SUKABUMI, JAWA BARAT, Indonesia DISIPLIN, PANDAI, PUSAT ANAK sOLEH

Pengikut